Islamic Economic Society - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jumat, 31 Mei 2024

Bincang Srikandi X Muslimah discussion

 


Apa itu MuDi?
MuDi akronim dari Muslimah Discussion merupakan agenda se-KSEI Banten untuk bersilaturahmi, brainstorming, dan meningkatkan pengetahuan peran muslimah di bidang ekonomi Islam.

Kenapa harus ada MuDi? Emang urgent banget ya?

MuDi ini penting banget dong karena ibaratnya perempuan itu pondasinya sebuah bangunan loh, karena dari wanitalah akan lahir berjuta-juta bibit-bibit penerus bangsa jadi perempuan ini perlu untuk terus dikembangkan dan ditingkatkan khazanah keilmuannya. Nah, di MuDi ini salah satu wadah untuk berdiskusi mengenai perempuan.


Spill pembahasan MuDi dong!!

Sesuai temanya yaitu “Optimalisasi Arah Gerak Srikandi FoSSEI” ada tiga bahasan utama yaitu:

1. Peran penting arah gerak srikandi

Perempuan sebagai pondasinya keluarga bahkan negara namun minimnya wadah untuk mengembangkan diri dan kurangnya waktu serta tempat untuk bersilaturahmi dan berdiskusi antar akhwat FoSSEI. Menjadikan MuDi sebagai salah satu wadah untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Arah gerak dari srikandi yaitu dapat memberikan pengaruh positif, progresif, dan berdampak bagi seluruh akhwat baik di KSEI, regional, maupun nasional. Kegiatan tersebut dilakukan secara transparan seperti menyebarkan setiap acara positif tentang perempuan di media sosial.

2. Cara membentuk kader akhwat menjadi srikandi yang berkembang dan berdaya
    Caranya melalui:

  • Pemberdayaan ekonomi perempuan, seperti di departemen Kewirausahaan IES akan ada seminar tentang bisnis, di Fosnas ada inkubator bisnis
  • Pengembangan ukhuwah, di IES bidang Kemuslimahan ada 2FM (Fresh and Fun for Moslema), MCC (Muslimah Creative Club), dan Riyadhoh Akhwat bisa dijadikan sebagai ajang untuk bersilaturahmi baik sekader akhwat IES maupun se-KSEI Banten.
  • Pengembangan ilmiah, seperti diadakannya website untuk upload artikel, pelatihan dan kompetisi ilmiah. Di IES juga ada pelatihannya loh seperti TRACO Olimpiade, KTI, dan Business Plan.
  • Pengembangan dakwah, seperti Harmoni (Halaqah Akhwat Rona Niat Mendalam) adalah kajian tentang fiqih wanita di hari Jumat dan khusus membahas Ekonomi Islam ada Kafilah dan Kariem
  • Pengembangan pribadi dan profesional, seperti pengembangan karir, kepemimpinan, dan lainnya.

3. Cara agar mampu berkontribusi dan meningkatkan kapasitas perempuan (ukhuwah, dakwah, dan ilmiah)

Tentu, ilmu yang telah didapatkan di poin 3 akan sangat bermanfaat jika kita dapat menyebarluaskannya agar informasinya tidak hanya

berhenti hanya pada diri sendiri saja. Jadi, sebagai kontribusi kita di bidang dakwah kita bisa loh buat konten menarik dan berfaedah lalu berani menyebarkannya di media sosial. Di bidang ilmiah, bisa banget kita ikutan Temilreg atau Temilnas, cabang lombanya pun bervariatif 🤩


Acara MuDi seru gak sih?

Wah, acaranya seru banget loh selain diisi oleh pemateri yang super kece dan berpengalaman, diskusinya gak melulu tentang ekonomi Islam aja kok tapi di MuDi juga ada sharingtentang problem diri sendiri, dan sebagai penyemangat juga ada reward bagi peserta yang aktif bertanya loh. Wah seru banget kan, yuk akhwat fillah kita terus perbaiki dan tingkatkan diri kita agar kelak menjadi wanita yang berdaya unggul.

Yang belum berkesempatan ikut MuDi, tenang ajaa Bidang Kemuslimahan masih ada proker seru lainnya kok, stay tuned 🥰

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

authorKelompok Studi Ekonomi Islam - Islamic Economic Society - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Learn More →



Labels